Sales Invoice / Bukti Tagihan Penjualan
Post date: Jul 11, 2019 2:46:40 AM
Fitur Sales Invoice
Fitur ini digunakan untuk membuat dokumen mengelola tagihan penjualan terhadap pelanggan.
A.Membuat Transaksi Sales Invoice secara manual di Openbravo
Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Sales Invoice
Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar
Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down
Kolom Business partner pilih dari drop down
Kolom Partner Address akan secara otomatis terisi jika telah di set sebelumnya
Setelah itu isikan nomor dokumen
Pada kolom Invoice Date, masukan Tanggal diterbitkannya faktur digunakan untuk menghitung tgl pembayaran jatuh tempo atau defaultnya adalah tanggal hari ini
Pada kolom payment term, pilih dari drop down, tanggal kapan faktur harus dibayar. Defaultnya adalah sesuai yang diset pada settingan pada Business Partner
Pada kolom Payment Method pilih cara pembayaran dari drop down yang tersedia, dapat berupa transfer atau tunai
Pilih Price List dengan cara klik drop down
Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar
Lalu pindahkan cursor ke bagian Lines
Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar untuk membuat Lines baru
Lines berisi informasi nama produk, jumlah dan harga net produk serta ppn yang dikenakan
Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar
Setelah itu klik Complete pada Toolbar bila sudah selesai.
**Mengganti Mata Uang/Currency pada Invoice
Pada Sales Invoice klik More Information > Price List > Tentukan Currency yang akan digunakan.
B.Membuat Transaksi Sales Invoice melalui Create Lines From di Openbravo
Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Sales Invoice
Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar
Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down
Kolom Business partner pilih dari drop down
Kolom Partner Address akan secara otomatis terisi jika telah di set sebelumnya
Setelah itu isikan nomor dokumen
Pada kolom Invoice Date, masukan Tanggal diterbitkannya faktur digunakan untuk menghitung tgl pembayaran jatuh tempo atau defaultnya adalah tanggal hari ini
Pada kolom payment term, pilih dari drop down, tanggal kapan faktur harus dibayar. Defaultnya adalah sesuai yang diset pada settingan pada Business Partner
Pada kolom Payment Method pilih cara pembayaran dari drop down yang tersedia, dapat berupa transfer atau tunai
Pilih Price List dengan cara klik drop down
Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar
Pada bagian Toolbar klik Create Lines From
Dalam tab menu Create From Invoice
Tentukan Order/Shipments yang akan dipilih melalui Drop Down
Klik OK
C.Membuat Transaksi Sales Invoice melalui Copy Lines di Openbravo
Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Sales Invoice
Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar
Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down
Kolom Business partner pilih dari drop down
Kolom Partner Address akan secara otomatis terisi jika telah di set sebelumnya
Setelah itu isikan nomor dokumen
Pada kolom Invoice Date, masukan Tanggal diterbitkannya faktur digunakan untuk menghitung tgl pembayaran jatuh tempo atau defaultnya adalah tanggal hari ini
Pada kolom payment term, pilih dari drop down, tanggal kapan faktur harus dibayar. Defaultnya adalah sesuai yang diset pada settingan pada Business Partner
Pada kolom Payment Method pilih cara pembayaran dari drop down yang tersedia, dapat berupa transfer atau tunai
Pilih Price List dengan cara klik drop down
Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar
Di menu Toolbar pilih opsi Copy Lines
Klik logo Invoice Selector
Pilih Invoice yang diinginkan,untuk mempermudah pencarian anda dapat menggunakan Fitur Primary Filter untuk menyaring dan mencari Invoice berdasarkan nama,tipe,tanggal faktur dibuat dan lainnya
Klik OK
Setelah selasai pilih Complete di menu Toolbar
Referensi Tutorial Video Online :