Payment In & Payment Out

Post date: Aug 6, 2019 7:49:43 AM

Dokumen Payment In dan Payment out merupakan dokumen yang mencatat bukti masuk dan keluarnya uang dalam Bank/Cash. Untuk pembuatan kedua dokumen ini memliki prinsip dan cara yang mirip, bedanya untuk Payment In mengambil berbagai macam dokumen Sales Order / Sales Invoice sebaliknya Payment Out mengambil berbagai macam dokumen Purchase Order/ Purchase Order.

Berikut akan dibuat cara membuat Payment Out (Purchase Order dan Purchase Invoice).

Application > Financial Managemeng > Receivable & Payable > Transaction > Payment In / Out

    1. Klik tombol Create New Record

    2. Tentukan Organisasi yang melakukan transaksi

    3. Menentukan Payment Method (Metode pembayaran)

    4. Mentukan Paying From (Sumber pembayaran)

    5. Klik Tombol Save

    6. Klik tombol Add Details

    1. Pilih Transaction Typenya (Bisa Invoice/order saja atau bisa keduanya)

    1. Bila ada biaya-biaya lain yang tidak ada ataupun tidak tercatat di Invoice/Order dapat tambahkan di GL Items (Bensin, Tambal Ban, dan pengeluaran lain yang tidak ada Receipt)

    2. Untuk Action Regarding Document dapat memilih Process Made Payment / Process Made Payment and Withdrawal, Perbedaannya untuk yang Process Made with Withdrawal menunjukan bahwa uang sudah ditarik dan langung masuk ke Financial Account.

    3. Klik Done

**Mengganti Mata Uang/Currency pada Invoice

Pada Payment In/Payment Out klik More Information > Price List > Tentukan Currency yang akan digunakan.