Purchase Order / Transaksi Pesanan Pembelian

Post date: Nov 21, 2018 1:58:55 PM

Purchase Order (PO) adalah dokumen kontrak kesepakatan yang dibuat oleh pembeli untuk menunjukkan spesifikasi produk/jasa yang ingin mereka beli dari pihak suplier. Pada dokumen PO ini uga terdapat beberapa kesepakatan diantaranya adalah harga produk/jasa, diskon, cara pembayaran, pajak dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah untuk membuat dokumen PO:

    1. Pilih menu Application lalu pilih Procurement Management lalu pilih Transactions lalu pilih Purchase Order.

    2. Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar.

    3. Kolom Transaction Document pilih Purchase Order atau sesuaikan.

    4. Kolom Business Partner isi dengan nama suplier produk.

    5. Kolom Order Date dan Schedule Delevery Date isi dengan tanggal hari ini atau sesuaikan.

    6. Kolom Payment Method isi sesuai kesepakatan.

    7. Kolom Payment Terms isi sesuai kesepakatan.

    8. Tekan tombol Save untuk simpan data header PO.

Openbravo - Purchase Order
    1. Klik tab Lines untuk mengisi data detil produk pembelian.

    2. Kilk tombol New Record pada Menu Toolbar.

    3. Kolom Product isi dengan nama produk yang dibeli atau yang digunakan bertransaksi.

    4. Kolom Ordered Quantity isi dengan berapa banyak jumlah produk yang dipesan.

    5. Kolom Net Unit Price isi dengan harga satuan produk.

    6. Kolom Description isi dengan keterangan tambahan atas produk.

  1. Ulangi langkah nomor 11 s/d 15 sebanyak jumlah produk/jasa.

    1. Sampai tahap ini adalah pembuatan dokumen PO dengan status Draft (sebagai dokumen pecatatan saja).

    2. Langkah selanjutnya adalah merubah status dokumen PO menjadi Complete (artinya dokumen telah disetujui).

    3. Tekan Tombol Book pada Toolbar sebelah kanan.

Openbravo = Purchase Order Complete
    1. Selesai