Good Receipt / Penerimaan Produk

Post date: Jul 3, 2019 2:49:18 AM

Fitur Good Receipt

Fitur Good Receipt adalah dokumen proses penerimaan barang atau tanda penyelesaian pekerjaan jasa berdasarkan PO yang sudah disetujui.

A.Membuat Transaksi Good Receipt di Openbravo

Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Good Receipt

  1. Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar

    1. Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down

    2. Isikan Document No

    3. Pilih dari drop down untuk kolom Document type

    4. Pilih dari drop down untuk kolom Warehouse (Gudang untuk menerima barang)

    5. Isi business partner dari drop down

    6. Lalu Kolom partner address akan terisi secara otomatis

    7. Pada kolom Movement Date, pastikan tanggal penerimaan barang sudah benar

  1. Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar

  1. Lalu pindahkan cursor ke bagian Lines

    1. Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar untuk membuat Lines baru

    2. Pilih kolom produk, pilih produk dari drop down

    3. Lalu isi Movement Quantity dengan jumlah penerimaan produk

    1. Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar

B.Membuat Transaksi Good Receipt melalui fitur Create Lines From di Openbravo

Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Good Receipt

  1. Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar

    1. Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down

    2. Isikan Document No

    3. Pilih dari drop down untuk kolom Document type

    4. Pilih dari drop down untuk kolom Warehouse (Gudang untuk menerima barang)

    5. Isi business partner dari drop down

    6. Lalu Kolom partner address akan terisi secara otomatis

    7. Pada kolom Movement Date, pastikan tanggal penerimaan barang sudah benar

    8. Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar

  2. Setelah itu pilih Create Lines From di menu toolbar lalu akan muncul Tab seperti dibawah

    1. Pilih Bagian Business Partner dan bagian Order

  1. Untuk posisi Gudang klik logo lalu akan muncul tab baru seperti dibawah

    1. Tentukan Gudang yang ingin dipilih lalu klik OK

    2. Setelah berhasil pilih opsi Complete di Toolbar

Fitur Pending Good Receipt

Membuat Transaksi Pending Goods Receipt menjadi Goods Receipt di Openbravo

Pada top menu pilih menu Applications > Procurement Management > Transactions > Pending Goods Receipt

  1. Isi kolom Business Partner dari drop down

  2. Isi kolom Organization dari drop down

    1. Isi kolom From Date dan To Date

    2. Isi kolom Document No, atau defaultnya adalah % untuk semua dokumen

    3. Setelah semua terisi, klik tombol Search untuk mencari Pending Goods Receipt

    4. Lalu klik tombol Search untuk mencari sesuai kriteria pada kolom di atas

  1. Setelah pencarian ditemukan, check mark untuk menambahkan dan uncheck mark untuk menghilangkan

  2. Lalu klik tombol Process di bagian bawah untuk membuat Goods Receipt (Penerimaan Barang)

  3. Selamat, Transaksi Goods Receipt (penerimaan barang) telah dibuat

*Nb: Hanya yang di check mark yang akan terproses menjadi Good Receipt

Referensi Tutorial Video Online:

(Good Receipt dengan manual) https://www.youtube.com/watch?v=SDL8syFEYkg&list=PLZgxW77_0OTvbMVyyYxy2i5yOn6DFaRcQ&index=17

(Good Receipt Create Lines From) https://www.youtube.com/watch?v=VFEo4rEheB4&list=PLZgxW77_0OTvbMVyyYxy2i5yOn6DFaRcQ&index=19

(Pending Good Receipt) https://www.youtube.com/watch?v=bpPWwPCye9g&list=PLZgxW77_0OTvbMVyyYxy2i5yOn6DFaRcQ&index=6