Good Receipt / Penerimaan Produk
Post date: Jul 3, 2019 2:49:18 AM
Fitur Good Receipt
Fitur Good Receipt adalah dokumen proses penerimaan barang atau tanda penyelesaian pekerjaan jasa berdasarkan PO yang sudah disetujui.
A.Membuat Transaksi Good Receipt di Openbravo
Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Good Receipt
Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar
Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down
Isikan Document No
Pilih dari drop down untuk kolom Document type
Pilih dari drop down untuk kolom Warehouse (Gudang untuk menerima barang)
Isi business partner dari drop down
Lalu Kolom partner address akan terisi secara otomatis
Pada kolom Movement Date, pastikan tanggal penerimaan barang sudah benar
Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar
Lalu pindahkan cursor ke bagian Lines
Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar untuk membuat Lines baru
Pilih kolom produk, pilih produk dari drop down
Lalu isi Movement Quantity dengan jumlah penerimaan produk
Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar
B.Membuat Transaksi Good Receipt melalui fitur Create Lines From di Openbravo
Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Good Receipt
Tekan tombol New Record pada Menu Toolbar
Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down
Isikan Document No
Pilih dari drop down untuk kolom Document type
Pilih dari drop down untuk kolom Warehouse (Gudang untuk menerima barang)
Isi business partner dari drop down
Lalu Kolom partner address akan terisi secara otomatis
Pada kolom Movement Date, pastikan tanggal penerimaan barang sudah benar
Lalu tekan tombol Save pada Menu Toolbar
Setelah itu pilih Create Lines From di menu toolbar lalu akan muncul Tab seperti dibawah
Pilih Bagian Business Partner dan bagian Order
Untuk posisi Gudang klik logo lalu akan muncul tab baru seperti dibawah
Tentukan Gudang yang ingin dipilih lalu klik OK
Setelah berhasil pilih opsi Complete di Toolbar
Fitur Pending Good Receipt
Membuat Transaksi Pending Goods Receipt menjadi Goods Receipt di Openbravo
Pada top menu pilih menu Applications > Procurement Management > Transactions > Pending Goods Receipt
Isi kolom Business Partner dari drop down
Isi kolom Organization dari drop down
Isi kolom From Date dan To Date
Isi kolom Document No, atau defaultnya adalah % untuk semua dokumen
Setelah semua terisi, klik tombol Search untuk mencari Pending Goods Receipt
Lalu klik tombol Search untuk mencari sesuai kriteria pada kolom di atas
Setelah pencarian ditemukan, check mark untuk menambahkan dan uncheck mark untuk menghilangkan
Lalu klik tombol Process di bagian bawah untuk membuat Goods Receipt (Penerimaan Barang)
Selamat, Transaksi Goods Receipt (penerimaan barang) telah dibuat
*Nb: Hanya yang di check mark yang akan terproses menjadi Good Receipt
Referensi Tutorial Video Online:
(Good Receipt dengan manual) https://www.youtube.com/watch?v=SDL8syFEYkg&list=PLZgxW77_0OTvbMVyyYxy2i5yOn6DFaRcQ&index=17
(Good Receipt Create Lines From) https://www.youtube.com/watch?v=VFEo4rEheB4&list=PLZgxW77_0OTvbMVyyYxy2i5yOn6DFaRcQ&index=19
(Pending Good Receipt) https://www.youtube.com/watch?v=bpPWwPCye9g&list=PLZgxW77_0OTvbMVyyYxy2i5yOn6DFaRcQ&index=6