Panduan‎ > ‎

Good Receipt / Penerimaan Produk

diposting pada tanggal 2 Jul 2019 19.49 oleh David S   [ diperbarui 2 Sep 2019 03.59 oleh Putra Agung ]

Fitur Good Receipt

Fitur Good Receipt adalah dokumen proses penerimaan barang atau tanda penyelesaian pekerjaan jasa berdasarkan PO yang sudah disetujui.

A.Membuat Transaksi Good Receipt di Openbravo

Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Good Receipt

  1. Tekan tombol New Record  pada Menu Toolbar
  2. Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down
  3. Isikan Document No
  4. Pilih dari drop down untuk kolom Document type
  5. Pilih dari drop down untuk kolom Warehouse (Gudang untuk menerima barang)
  6. Isi business partner dari drop down
  7. Lalu Kolom partner address akan terisi secara otomatis
  8. Pada kolom Movement Date, pastikan tanggal penerimaan barang sudah benar 
  9. Lalu tekan tombol Save  pada Menu Toolbar
  10. Lalu pindahkan cursor ke bagian Lines
  11. Tekan tombol New Record  pada Menu Toolbar untuk membuat Lines baru
  12. Pilih kolom produk, pilih produk dari drop down
  13. Lalu isi Movement Quantity dengan jumlah penerimaan produk
  14. Lalu tekan tombol Save  pada Menu Toolbar

B.Membuat Transaksi Good Receipt melalui fitur Create Lines From di Openbravo

 Pada top menu pilih menu Applications > Sales Management > Transactions > Good Receipt

  1. Tekan tombol New Record  pada Menu Toolbar
  2. Kolom Organisasi pilih organisasi dari drop down
  3. Isikan Document No
  4. Pilih dari drop down untuk kolom Document type
  5. Pilih dari drop down untuk kolom Warehouse (Gudang untuk menerima barang)
  6. Isi business partner dari drop down
  7. Lalu Kolom partner address akan terisi secara otomatis
  8. Pada kolom Movement Date, pastikan tanggal penerimaan barang sudah benar
  9. Lalu tekan tombol Save  pada Menu Toolbar
  10. Setelah itu pilih Create Lines From di menu toolbar lalu akan muncul Tab seperti dibawah
  11. Pilih Bagian Business Partner dan bagian Order
  12.  Untuk posisi Gudang klik logo  lalu akan muncul tab baru seperti dibawah
  13. Tentukan Gudang yang ingin dipilih lalu klik OK
  14. Setelah berhasil pilih opsi Complete di Toolbar

Fitur Pending Good Receipt

Membuat Transaksi Pending Goods Receipt menjadi Goods Receipt di Openbravo

Pada top menu pilih menu Applications > Procurement Management > Transactions > Pending Goods Receipt

  1. Isi kolom Business Partner dari drop down
  2. Isi kolom Organization dari drop down
  3. Isi kolom From Date dan To Date
  4. Isi kolom Document No, atau defaultnya adalah % untuk semua dokumen
  5. Setelah semua terisi, klik tombol Search untuk mencari Pending Goods Receipt
  6. Lalu klik tombol Search untuk mencari sesuai kriteria pada kolom di atas
  7. Setelah pencarian ditemukan, check mark untuk menambahkan dan uncheck mark untuk menghilangkan
  8. Lalu klik tombol Process di bagian bawah untuk membuat Goods Receipt (Penerimaan Barang) 
  9. Selamat, Transaksi Goods Receipt (penerimaan barang) telah dibuat

*Nb: Hanya yang di check mark yang akan terproses menjadi Good Receipt


Referensi Tutorial Video Online:

Comments